Jumat, 08 Maret 2013

Analisis Sistem Jaringan Komputer di Warnet

Warnet merupakan  salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, kenapa?? Karena  kita ketahui diberbagai tempat kita mudah menemukan warnet. Warnet memakai sistem jaringan komputer dalam melakukan operasinya, agar jaringan komputer bias terhubung ke internet diperlukan sebuah koneksi melalu jasa ISP (internet service provider).
1.      Analisis lokasi
Saya menganalisis suatu jaringan yang dilakukan di sebuah warnet, yaitu Agria tepatnya di Maja-Majalengka, warnet ini berdiri di dekat SMK Maja !!
2.      Analisis Kebutuhan
Server
·         Prosessor intel core to duo 2.8 GHz
·         Memory 2 GB
·         Motherboard ASUS
·         VGA card 512 MB Onboard
·         Harddisk 320 GB SATA
·         DVD ROM
·         Monitor LCD 14 inch
·         Sound card Onboard
·         Microphone and Headphone
Client
·         Prosessor intel(R) Celeron(R) 2.6 GHz
·         Memory 1024MB
·         Motherboard ASUS
·         VGA Card 512 MB Onboard
·         Harddisk 80 GB SATA
·         Monitor LCD 14 inch
·         Sound card Onboard
·         Microphone and Headphone
Kita bisa melihat perbedaan spesifikasi antara komputer server dengan client, dimana komputer server lebih baik disbanding dengan client. kenapa komputer server menjadi urat nadi dari jaringan apapun, server menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh network tersebut seperti file storage, database, email dan lain sebagainya. Untuk memilih komputer sebagai server merupakan sebuah kunci untuk membangun sebuah jaringan yang baik. Saya pernah membaca dalam sebuah artikel bahwa dalam memilih komputer mana yang akan digunakan harus diperhatikan hal berikut :
  1. Scalability, yang berarti kemampuan untuk menaikan ukuran dan kapasitas server tanpa adanya kerusakan yang berarti. Membeli komputer server hanya untuk memenuhi kebutuhan merupakan kesalahan umum yang sering terjadi karena kebutuhan akan sumberdaya server pasti meningkat hampir dua kali dalam satu tahun.
  2. Reability, menjaga keberlangsungan jaringan ketika terjadinya down pada server sehingga setiap client yang terhubung akan terkena dampaknya.
  3. Avaibility, hal ini sangat berhubungan dengan reabilitas. ketika komputer server down, berapa lama waktu yang diperlukan oleh server untuk berjalan kembali? komputer server di desain untuk mudah digantikan dan diperbaiki. Dalam beberapa sever terdapat komponen yang dinamakan hot swappable yang memungkinkan server untuk mengganti komponen tanpa mematikan server. dan beberapa server pula didesain sebagai fault-tolerant yang memungkinkan tetap beroperasi walaupun komponen utama mati.
  4. Dukungan dan Pelayanan, Dukungan dan Pelayanan merupakan faktor yang sering diperhatikan ketika memilih komputer. ketika sebuah komponen didalam server down atau rusak, harus terdapat suku cadang atau orang yang berkompetensi untuk memperbaiki kerusakan.
 
Dari keterangan diatas, jelaslah bahwa komputer server harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari komputer client karena server merupakan hal penting dalam sebuah jaringan yang menyediakan berbagai sumber daya jaringan serta melayani request dari client. Apabila spesifikasi komputer client lebih tinggi daripada komputer server, maka sangat mungkin terjadi bottle neck akibat komputer server tidak dapat melayani request dari computer client. Bahkan dalam memilih komputer server haruslah memiliki spesifikasi yang tinggi agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama mengingat kebutuhan sumber daya dalam sebuah jaringan akan meningkat dua kali dalam satu tahun.
Jaringan
·         Switch 16 port
·         Kabel UTP CAT 5
·         Modem ADSL
·         Konektor RJ45
·         Printer Cannon ip 1980
·         UPS
Kita bisa melihat kenapa hardware yang digunakan dalam jaringan pada sebuah warnet ini menggunakan switch 16 port tidak Hub, disebabkan switch ini pembagian kecepatan jaringannya itu sama rata server memberi 10 mb maka tiap client mendapatkan jatah yang sama. Berbeda dengan hub jika server memberi 10 mb, maka jumlah tersebut harus rela dibagi dengan jumlah komputer client. Bisa saja jika seandainya menggunakan hub kalo misalkan terdiri dari beberapa komputer atau kurang dari 3 komputer, komputer yang dimiliki warnet ini terdiri dari 15 komputer, jika seandainya dengan banyaknya komputer di warnet ini memakai hub mungkin akan terjadi banyak tabrakan jaringan dan akan terjadi gangguan pada koneksi warnet itu sendiri.
Warnet ini pula tiap komputer sudah memakai UPS, UPS Adalah Sebuah singkatan dari Uninterruptible Power Supply. Fungsi dan kegunaan UPS adalah untuk menjaga supply listrik tetap terjaga dalam durasi waktu tertentu (bisa 1-3 jam) disaat sumber listrik utama (PLN) mati, dan ketika lampu mati, member sedang dalam keadaan darurat dalam waktu beberapa menit data bisa kita selamatkan terlebih dahulu.
Software
o    Komputer Server
·         Windows XP SP 3
·         Mozilla Firefox, Chrome, Opera, Flock
·         Yahoo Messeger
·         mIRC
·         Adobe Acrobat 5.0
·         Winzip
·         Winrar
·         Flash Player for IE
·         Flash Player for Firefox
·         WinAmp
·         FTP
·         Driver printer (Network)
·         Shadow Defender
·         Winbox
·         Smadav Pro
·         Microsoft Office 2007
·         Adobe Photoshop
o    Komputer Client
·         Windows XP SP 3
·         Mozilla Firefox, chrome, Opera, Flock
·         Yahoo Messeger
·         mIRC
·         Adobe Acrobat 5.0
·         Winzip
·         Winrar
·         Flash Player for IE
·         Flash Player for Firefox
·         WinAmp
·         ACDSee
·         FTP
·         Driver printer (Network)
·         Smadav Pro
·         Microsoft Office 2007
·         Game Online

0 komentar:

Poskan Komentar